Wednesday, January 28, 2009

SEMI-PRO

Jenis film : komedi
Sutradara :
Kent Alterman, Produser: Jimmy Miller,Penulis : Scot Armstrong, Pemain : Will Ferrell,Woody Harrelson,André Benjamin,Maura Tierney,David Koechner,Will Arnett,Andrew Daly,Andy Richter,Rob Corddry,Matt Walsh
Tanggal rilis : 29 Februari 2008
Durasi : 93 menit

Film yang mengambil lokasi di kota Flint Michigan tahun 1975 ini menceritakan tentang sebuah Klub basket bernama Flint Tropics. Klub Flint Tropics dimiliki oleh seorang bernama Jackie Moon. Selain sebagai pemilik, Jackie Moon juga merangkap sebagai pelatih dan pemain sekaligus.
Tetapi Jackie Moon adalah pelatih yang konyol, dia bukannya melatih teknik basket kepada pemainnya melainkan melatihnya pertunjukan kesenian seperti menari dan menyanyi.
Di setiap pertandingan, Klub Flint Tropics tidak sepenuhnya bermain basket tetapi malah melakukan berbagai atraksi. Dengan demikian pantas saja jika prestasi Flint Tropics sangat jelek. Flint Tropics menduduki peringkat paling bawah pada klasemen basket di kotanya.

Sampai suatu ketika Ketua Persatuan Basket kota Flint Michigan mengumumkan bahwa hanya ada 4 klub dengan rangking tertinggi di kota Flint Michigan yang diijinkan bermain di kompetisi basket nasional (NBA). Klub basket lainnya masih diberi kesempatan bermain di NBA dengan syarat mampu menembus rangking 4 besar dan jumlah penontonnya minimal 2000 orang, jika syarat itu tidak terpenuhi, dipersilahkan untuk merger atau membubarkan diri.
Karena sangat mencintai klubnya, Jackie Moon segera mengambil tindakan. Tindakan pertama adalah membeli pemain dari klub lain yang pernah bermain NBA. Karena tidak mempunyai uang, Jackie Moon terpaksa menukar mesin cucinya dengan pemain dari klub lain yaitu Ed Monix. Ed Monix memang pernah bermain di NBA tetapi hanya sebagai pemain cadangan, selain itu usianya sudah tua sehingga pantas jika hanya cukup dihargai dengan mesin cuci.

Tetapi tindakan Jackie Moon itu percuma saja karena Jackie Moon tetap mempertahankan sistem melatihnya yaitu menekankan pada pertunjukan entertainment. Prestasi Klub Flint Tropics tetap saja jeblok.
Akhirnya seorang pemain Flint Tropics yang paling berbakat yaitu Clarence dan dengan didukung oleh anggota klub lainnya memutuskan agar pelatih diganti dari Jackie Moon kepada Ed Monix.
Setelah melalui perdebatan sengit akhirnya Jackie Moon bersedia melepaskan jabatannya sebagi pelatih dan menyerahkannya kepada Ed Monix dengan syarat Jackie Moon tetap sebagai pemilik klub merangkap pemain.

Ed Monix ternyata pelatih yang hebat, pelan tapi pasti prestasi Flint Tropics mulai meningkat bahkan sampai mencapai rangking 5 di kotanya. Untuk mencapai jumlah penonton 2000 orang, Jackie Moon tetap memasukkan berbagai atraksi kesenian di setiap pertandingannya .Bahkan untuk menarik penonton, Jackie Moon sampai bergulat dengan beruang dan akhirnya target 2000 penonton itu terpenuhi.











Sampai akhirnya hanya tinggal satu pertandingan lagi yaitu melawan klub rangking pertama Spurs. Jika Spurs bisa dikalahkan maka Flint Tropics menduduki ranking 4 dan bisa bermain di NBA.
Tetapi datang berita buruk, karena kota Flint Michigan dianggap kurang bisa menarik pendapatan iklan di setiap pertandingannya maka Persatuan Basket Nasional memutuskan bahwa yang bisa bermain di NBA tetap hanya 4 klub yang sudah ditunjuk sebelumnya, jadi biarpun Flint Tropics bisa mengalahkan Spurs tetap tidak bisa bermain di NBA.
Semua personil Flint Tropics sangat frustasi bahkan seorang pemain Flint Tropics yang paling berbakat yaitu Clarence keluar dari Flint Tropics dan pindah ke Spurs agar tetap bisa bermain di NBA.
Jackie Moon berniat membubarkan saja klubnya, tetapi Ed Monix berhasil memotivasi teman-temannya agar tetap berusaha untuk menang melawan Spurs demi harga diri klub.
Akhirnya semangat juang para personil Flint Tropics bangkit sehingga berhasil mengalahkan Spurs dengan gemilang sehingga bisa bermain di NBA. Jackie Moon dengan dibantu arwah ibunya yang sudah meninggal tampil sebagai pahlawan.
Dibantu arwah ibu yang sudah meninggal? Bagaimana itu? Silahkan nonton sendiri…

Opini saya tentang film ini :
Sebagai film komedi, saya merasa film ini sudah cukup lucu teapi ada yang aneh, yaitu Jackie Moon tampak dari ras kulit putih murni tetapi ibunya kok kulit hitam.
Berikut ini saya tampilkan gambar adegan Jackie Moon yang bertemu dengan arwah ibunya :

No comments:

Post a Comment

anim-button
Untuk film animasi saya bahas di blog tersendiri, Silahkan klik button ini :
Custom Search