Saturday, February 21, 2009

STEP UP 2 : THE STREETS

Jenis film : musikal
Sutradara : Jon Chu
Pemain : Briana Evigan, Robert Hoffman, Adam G. Sevani, Black Thomas, Cassie Ventura, Danielle Polanco, Christopher Scott, Mari Koda, Janelle Cambridge, Luis Rosado
Tanggal rilis : 14 Februari 2008
Durasi : 98 menit

Film ini mengisahkan pengalaman seorang gadis yatim piatu bernama Andy West yang tinggal di Baltimore. Andy diasuh oleh teman almarhum ibunya yaitu Sarah.
Andy punya bakat menari tetapi salah dalam menyalurkannya. Andy mengikuti sebuah kelompok penari jalanan yang bernama 4-1-O (Four One Oh). Kelompok penari jalanan itu sering menari di tempat umum sehingga mengganggu penduduk kota. Tidak hanya itu, untuk tetap aktif di kegiatan 4-1-O, Andy sampai rela bolos sekolah.
Hal itu membuat Sarah jengkel sehingga memberi Andy 2 pilihan yaitu pindah sekolah ke sekolah tari Maryland School of Arts (MSA) atau pergi dari rumah Sarah dan tinggal bersama bibinya di Texas.

Andy menolak semua pilihan itu tetapi karena bujukan teman masa kecilnya yaitu Tyler Gage, Andy akhirnya memilih pilihan pertama yaitu pindah sekolah ke sekolah tari MSA.
Gaya menari di jalanan berbeda dengan gaya menari di MSA yang cenderung gaya tari klasik balet sehingga Andy tidak diterima di MSA, Untunglah sebelumnya Andy sempat bertemu dengan Chase Collins yang merupakan adik pemilik MSA yaitu Blake Collins. Berkat bantuan Chase akhirnya Andy diterima di MSA.

Karena gaya tari yang berbeda dengan di jalanan, Andy sempat kesulitan belajar di MSA tetapi berkat dukungan teman-temannya di MSA yaitu Chase dan Moose, Andy bisa beradaptasi di MSA. Tetapi karena sibuk di MSA, Andy menjadi jarang berkumpul dengan klub 4-1-O. Hal itu membuat pimpinan 4-1-O yaitu Tuck jengkel dan mengeluarkan Andy dari 4-1-O.

Dikeluarkan dari 4-1-O tentu saja membuat Andy sangat sedih, tetapi Chase datang menghibur dengan mengajak Andy membentuk klub tari sendiri. Chase berhasil mengajak 6 siswa MSA lainnya termasuk Moose untuk membentuk klub tari yang diberi nama MSA Crew. Semua anggota MSA Crew adalah siswa-siswa yang prestasinya di MSA tergolong jelek Klub tari baru itu latihan bersama setiap pulang sekolah secara diam-diam karena MSA melarang siswanya terlibat dalam kegiatan tari jalanan.

Suatu ketika di bar klub tari Andy bertemu dengan klub 4-1-O. Klub 4-1-O menghina klub tari Andy dan menantang adu tari. Dengan terpaksa Andy dan kawan-kawan menerima tantangan itu. Tetapi karena gaya menari klub tari Andy masih bergaya MSA dan bukan gaya tari jalanan, seluruh pengunjung bar mencemoohnya. Klub 4-1-O menang dalam lomba tari itu..

Seluruh anggota klub tari Andy tentu saja sangat kecewa dan berniat membubarkan saja MSA Crew tetapi datang seorang anggota 4-1-O yang merupakan sahabat Andy yaitu Missy. Missy menghibur Andy dan kawan-kawan dan menyarankan supaya jangan menyerah. Missy menyarankan agar klub tari Andy melakukan The Prunk. The Prunk adalah menantang 4-1-O lewat internet untuk bertanding di lomba tari jalanan yang diadakan secara rutin yaitu turnamen The Streets.

Gaya Andy dan kawan-kawannya di The Prunk memang terlalu berlebihan sehingga membuat pimpinan 4-1-O Tuck marah besar. Tuck dan kawan-kawannya menghajar Chase sampai babak belur. Tidak hanya itu, Tuck dan kawan-kawannya merusak gedung MSA.
Hal itu membuat pimpinan MSA yaitu Blake Collins marah dan mengeluarkan Andy dari MSA.

Penderitaan Andy tidak berhenti sampai di situ, Sarah yang tahu bahwa Andy dikeluarkan dari MSA juga marah dan mengusir Andy supaya tinggal saja bersama bibinya di Texas. Untung saja sebelum Andy pergi ke Texas, Chase dan seluruh anggota MSA Crew datang dan mengajak Andy ke turnamen The Streets. Mereka sudah tidak takut lagi jika nantinya harus dikeluarkan dari MSA karena mereka juga tidak suka dengan gaya mengajar Blake Collins yang cenderung otoriter.

Setelah melalui perjuangan keras, akhirnya Andy dan kawan-kawan berhasil menjadi juara The Steets yang berarti mengalahkan 4-1-O yang juara 5 kali The Streets. Tidak hanya itu, perjuangan Andy berhasil menyentuh hati Blake Collins sehingga mengijinkan Andy untuk sekolah lagi di MSA.
Bagaimanakah usaha keras Andy dan kawan-kawan yang selain menjadi juara The Steets juga bisa membuat guru galak Blake Collins yang wajahnya dingin tak pernah tersenyum itu bisa menjadi tersenyum bahkan tertawa?
Saya sarankan untuk menonton sendiri film ini. Pokoknya sebagai hiburan, film ini tidak
mengecewakan…














Opini saya tentang film ini :

Saya yakin pasti banyak yang berpendapat bahwa cerita film ini terlalu sederhana dan mudah ditebak. Tetapi yang membuat saya bisa enjoy menonton film ini karena film ini dipenuhi dengan gerakan tari yang indah dan akrobatik. Selain itu alur cerita atau plotnya enak untuk diikuti. Saya jadi berharap semoga ada film Step Up 3…

6 comments:

  1. eeeh gw uda ntn nih. KEREN ABIS DANCENYA :D

    ReplyDelete
  2. GW JUGA SUKA BGT FILM INIH.... karena gw seorang dancer jg.menurut gw film STep UP 2 ini film paling bagus n menarik yang pernah gw tonton slma ini dibanding film2 dance laennya.gw berharap ke depannya bakal ada StEP up 3 n harapan gw yg jd peran utamanya tetep andie and Chase.

    ReplyDelete
  3. ya bener gw jg suka bgt ne flm dance nya keren bgt eh yang ketiganya udah ada loh.....

    ReplyDelete
  4. yang ketiga keren banget!!!!!! meskipun klub MSA cuma tampil di bagian terakhir2nya, pokoknya seru & harus ditonton!!!

    ReplyDelete
  5. Sayang saya belum sempat nonton yang STEP UP 3D karena sedang senang nonton film perang & kisah nyata nih hehehehe... ocd klo dah sempat nonton tuh film, dibuat sinopsisnya

    ReplyDelete
  6. Sempet latihan gaya dance nya... Ya ampun sekarang malah jadi guru g bisa lagi nyalurin hobi nari. Hehe. Nostalgia zaman muda

    ReplyDelete

anim-button
Untuk film animasi saya bahas di blog tersendiri, Silahkan klik button ini :
Custom Search