Friday, July 28, 2017

THE CRUCIFIXION

Genre : Horror
Sutradara : Xavier Gens   
Pemain : Sophie Cookson,Corneliu Ulici, Brittany Ashworth, Matthew Zajac, Diana Vladu,Florian Voicu, Radu Bânzaru
Musik : David Julyan         
Durasi : 92 menit
Tanggal rilis : 18 Juli 2017

Film yang didasarkan dari kisah nyata ini bercerita tentang proses eksorsisme (pengusiran iblis yang merasuki manusia) yang gagal sehingga merenggut nyawa manusia yang dirasukinya. Peristiwa itu terjadi di Rumania tahun 2004, Pastor/Romo yang terlibat pada eksorsime itu adalah Romo Anton Dimitru dengan dibantu 5 biarawati. Sedangkan korban eksorsisme yang gagal sehingga meninggal itu adalah seorang biarawati yaitu Suster Adeline Marinescu.
Akibat pengusiran iblis yang gagal sehingga merenggut nyawa itu, Romo Anton bersama biarawati-biarawati pembantunya harus berurusan dengan polisi.

Cara Romo Anton melakukan eksorsisme pada Suster Adeline memang sangat ekstrim. Karena iblis yang merasuki Suster Adeline sangat kuat sehingga bisa mendatangkan hujan bahkan bisa membuat Suster Adeline terbang, maka Romo Anton mengikat Suster Adeline pada kayu salib tanpa makan dan minum selama 3 hari.


Atasan Romo Anton yaitu Uskup Gornik menganggap tindakan Romo Anton keterlaluan sehingga menyuruh menghentikannya pada hari ketiga. Suster Adeline meninggal ketika dibawa ke rumah sakit sehingga Romo Anton dan para biarawatinya dituduh telah membunuh. Romo Anton membantah telah membunuh dan bersikeras bahwa pada hari ketiga itu, iblis hampir terusir dan Suster Adeline bisa selamat jika eksorsisme tidak dihentikan.


Bagaimana ceritanya Suster Adeline bisa dirasuki Iblis? Hal itu berawal ketika Suster Adeline dikirim ke Jerman untuk bekerja sebagai pengasuh anak di sebuah keluarga. Sayang sekali di Jerman Suster Adeline mengingkari kaulnya karena jatuh cinta pada seorang pemuda Jerman bahkan sampai menyerahkan keperawanannya. Tapi Suster Adeline sangat kecewa karena pemuda Jerman itu akhirnya meninggalkannya maka Suster Adeline memutuskan kembali ke Rumania dalam keadaan depresi.

Disinilah awal petaka, seorang dalam keadaan depresi jiwanya sangat labil sehingga mudah dirasuki iblis. Suster Adeline kerasukan dari iblis yang sebelumnya merasuki seorang pastor bernama Romo Gabrielle. Pada film ini diceritakan bahwa iblis bisa berpindah merasuki dengan sentuhan badan.

Suster Adeline memang sangat dekat dengan Romo Gabrielle sehingga dianggap seperti ayahnya sendiri. Pada waktu itu Romo Gabrielle dirasuki iblis sehingga bunuh diri dengan meloncat dari menara dan jatuh tepat di depan Suster Adeline.
Suster Adeline tentu saja sangat sedih dengan kematian ayah angkatnya itu dan memeluk Romo Gabrielle yang sedang sekarat. Akhirnya Romo Gabrielle meninggal di pelukan Suster Adeline, disinilah iblis berpindah merasuki Suster Adeline.

Sejak saat itu itu Suster Adeline sering bertingkah aneh maka keluarganya mengira mengalami gangguan jiwa dan dibawa ke rumah sakit jiwa. Karena di rumah sakit jiwa Suster Adeline tidak sembuh bahkan semakin parah, maka keluarganya menyimpulkan bahwa Suster Adeline dirasuki iblis dan minta tolong pada Romo Anton untuk melakukan eksorsisme. Sebelumnya Romo Anton memang sudah sering melakukan eksorsisme dan selalu berhasil.


Kematian Suster Adeline yang misterius itu menarik perhatian wartawati Amerika bernama Nicole Rawlins sehingga ia pergi ke Rumania untuk menyelidiki penyebab sebenarnya kematian Suster Adeline.

Nicole bekerja keras menyingkap misteri kematian Suster Adeline dengan mewawancarai orang-orang yang terlibat yaitu Romo Anton sendiri, Uskup Gornik, saudara-saudara Suster Adeline bahkan ke rumah sakit jiwa tempat Suster Adeline pernah dirawat.


Walaupun sudah berusaha dengan gigih, Nicole tetap tidak berhasil mengungkap misteri kematian Suster Adeline termasuk mengetahui nama iblis yang merasukinya karena menurut Romo Anton, sangat penting mengetahui nama iblis yang merasuki agar bisa diketahui metode eksorsisme yang tepat.


Yang membuat Nicole tidak tahan adalah ia mulai diganggu oleh iblis yang merasuki Suster Adeline dan Nicole juga diganggu oleh seorang anak laki-laki gypsi bernama Tavian. Sepertinya Tavian pernah dirasuki oleh iblis yang merasuki Suster Adeline.


Karena merasa jiwanya semakin terancam, Nicole akhirnya menyerah dan memutuskan untuk kembali ke Amerika. Tapi Nicole berubah pikiran ketika dalam perjalanan ke airport ia melewati makam Romo Gabrielle. Sepertinya akan ada titik terang jika Nicole menyelidiki Romo Gabrielle.

Setelah menelusuri arsip-arsip Romo Gabrielle akhirnya Nicole mengetahui bahwa Romo Gabrielle juga sering melakukan eksorsisme dan yang terakhir adalah menolong Tavian, iblis yang merasuki Tavian sama dengan yang merasuki Suster Adeline. Tavian memang sembuh tapi iblis yang merasukinya berpindah merasuki Romo Gabrielle dan berpindah lagi ke tubuh Suster Adeline.


Mengetahui fakta penting itu, Nicole langsung ke rumah Tavian dan akhirnya terbongkarlah misteri. Akhirnya bisa diketahui nama iblis yang merasuki Tavian, Romo Gabrielle dan Suster Adeline. Tapi celakanya iblis itu merasuki Nicole, untung sebelumnya Nicole sempat menelepon Romo Anton sehingga Romo Anton yang ahli eksoRsisme itu bisa datang dan menyelamatkan Nicole.

Siapakah nama iblis itu? Dan bagaimana cara Romo Anton menyelamatkan Nicole? Agar lebih puas saya persilahkan untuk menonton sendiri film horror thriller ini.

Opini Saya Tentang Film Ini :
Film ini sangat berbeda dengan film horror lainnya. Jika film horror lain biasanya meneror penonton dengan pemandangan yang mengerikan, film ini malah menampilkan keindahan pemandangan desa di Rumania yang eksotis dan sangat memanjakan mata. Tapi walaupun begitu, adegan horrornya tetap menegangkan dan menakutkan sekali.


Tapi yang membuat saya kecewa adalah walaupun Nicole berhasil mengungkap bahwa Suster Adeline benar-benar dirasuki iblis bahkan bisa tahu nama iblisnya, hal itu tetap tidak bisa menyelamatkan Romo Anton dari jeratan hukum. Romo Anton dan para biarawatinya tetap terbukti melakukan pembunuhan dan dipenjara selama 7 tahun. Yang membuat saya salut, setelah keluar dari penjara, Romo Anton tetap tidak jera, Romo Anton dan para biarawatinya tetap mau melakukan eksorsisme pada orang-orang yang kerasukan.

No comments:

Post a Comment

anim-button
Untuk film animasi saya bahas di blog tersendiri, Silahkan klik button ini :
Custom Search