Tuesday, July 25, 2017

DUNKIRK

Genre : Action
Sutradara : Christopher Nolan
Pemeran: Fionn Whitehead,Tom Glynn-Carney,Jack Lowden,Harry Styles,Aneurin Barnard,James D'Arcy,Barry Keoghan,Kenneth Branagh,Cillian Murphy,Mark Rylance,Tom Hardy
Musik: Hans Zimmer
Tanggal rilis : 13 Juli 2017
Durasi : 106 menit

Film ini terinspirasi dari kisah nyata pada Perang Dunia ke-2 yaitu ketika pasukan sekutu mengadakan Operasi Dynamo selama 9 hari dari tanggal 27 Mei sampai dengan 4 Juni 1940. Operasi Dynamo adalah evakuasi pasukan sekutu yang terjebak oleh kepungan pasukan Jerman di Pantai Dunkirk di Prancis.

Pada waktu itu pasukan Jerman dengan serangan kilatnya atau Blitzkrieg memang berada di atas angin sehingga berhasil mendesak dan mengepung pasukan sekutu yang terdiri dari pasukan Inggris, Perancis, Belgia, dan Kanada ke Pantai Dunkirk di Prancis. Ada sekitar 400 ribu tentara sekutu yang harus dievakuasi ke daratan Inggris agar tidak habis dibantai oleh pasukan Jerman.

Christopher Nolan sang sutradara membagi film ini menjadi 3 bagian yaitu The Mole (tanggul), The Sea (laut) dan The Air (udara). Berikut ini sinopsis ketiga bagian itu :

The Mole
Bagian ini menceritakan sekitar 400 ribu tentara sekutu yang menunggu untuk dievakuasi di Pantai Dunkirk. Kapal besar tidak mungkin mendarat di pantai Dunkirk karena airnya terlalu dangkal tapi kapal kecil juga tidak bisa mengangkut para tentara karena kapasitasnya terlalu kecil sehingga para tentara itu menunggu kapal besar di tanggul (mole).


Dari para tentara itu ada seorang tentara muda Inggris bernama Tommy yang mendapat sahabat baru yaitu seorang tentara Inggris juga yang bernama Gibson. Agar bisa segera terangkut, Tommy dan Gibson bersembunyi di bawah tanggul agar bisa segera diangkut oleh kapal mana saja.

Akhirnya Tommy dan Gibson bisa terangkut sebuah kapal Inggris tapi sayang sekali kapal itu tenggelam terkena torpedo Jerman. Untung saja Tommy dan Gibson bisa selamat dan bisa sampai di pantai. Tommy dan Gibson juga mendapat teman baru yaitu seorang tentara Inggris bernama Alex.


Keesokan harinya Tommy Gibson dan Alex menaiki sebuah kapal kecil tanpa awak bersama beberapa tentara Inggris lainnya untuk menunggu diangkut oleh kapal besar, tapi sayang kapal kecil itu terbawa arus ke wilayah kekuasaan Jerman sehingga ditembaki oleh tentara Jerman.

Keadaan semakin parah karena terjadi konflik yaitu para tentara Inggris curiga bahwa Gibson adalah mata-mata Jerman. Hal itu disebabkan karena Gibson jarang berbicara dan ketika bicara, logat Bahasa Inggrisnya aneh. Ternyata Gibson adalah tentara Prancis yang memakai seragam tentara Inggris yang sudah mati agar bisa segera diangkut.

The Sea
Karena jumlah kapal perang untuk mengevakuasi para tentara di Pantai Dunkirk terbatas maka Angkatan Laut Inggris mengambil keputusan memanggil sukarelawan dari kapal sipil untuk pergi ke Pantai Dunkirk dan ikut mengevakuasi,
Dari para sukarelawan itu ada sebuah kapal nelayan milik Dawson yang berangkat ke Dunkirk bersama anaknya Peter dan teman Peter bernama George.


Dalam perjalanan menuju Dunkirk, Dawson menyelamatkan seorang tentara Inggris yang kapalnya tenggelam terkena torpedo U-Boat (kapal selam Jerman). Tapi tentara Inggris itu trauma dengan pertempuran di Dunkirk dan memaksa Dawson agar kembali ke Inggris. Terjadilah perkelahian tapi tentu saja tentara lebih kuat sehingga dapat mendorong George sampai jatuh ke geladak bawah. George terluka parah dan akhirnya tewas. Untunglah tewasnya George membuat tentara itu sadar dan bersedia ikut ke Dunkirk.

The Air
Tiga pilot tempur angkatan Udara Inggris mendapat tugas ke Dunkirk untuk melindungi para tentara sekutu yang akan dievakuasi dari serangan Luftwaffe (Angkatan Udara Jerman). Ketiga pilot tempur itu mengendarai pesawat tempur yang canggih pada masa itu yaitu Spitfire.


Dalam perjalanan ke Dunkirk, ketiga pilot Inggris itu diserang oleh pesawat tempur Jerman. Serangan itu berhasil dihalau tapi seorang pilot Inggris tertembak jatuh dan gugur. Tinggal 2 pilot yaitu Farrier dan Collins. Tapi pesawat Collins tertembak juga, untung jatuh di laut dan Collins bisa diselamatkan oleh kapal Dawson.
Tinggal Farrier yang bisa terbang ke Dunkirk untuk melanjutkan tugasnya.

Penggabungan ketiga bagian The Mole, The Sea dan The Air
Ketiga bagian film ini digabungkan ketika kapal Dawson dan pesawat Farrier sampai di Pantai Dunkirk.

Karena terus ditembaki oleh tentara Jerman, kapal yang ditumpangi oleh Tommy, Gibson, Alex dan beberapa tentara Inggris lainnya akhirnya tenggelam. Untung saja Tommy dan Alex bisa diselamatkan oleh kapal Dawson, tapi sayang sekali Gibson terjebak rantai kapal dan tewas tenggelam.

Kapal Dawson dan beberapa kapal sipil lainnya berhasil menyelamatkan banyak tentara sekutu tapi datang sebuah pesawat tempur Jerman yang melakukan serangan sehingga banyak menenggelamkan kapal dan menewaskan banyak tentara sekutu.


Farrier dengan pesawat Spitfirenya berhasil menembak jatuh pesawat tempur Jerman itu tapi sayang sekali bahan bakar pesawat Farrier habis sehingga tidak bisa mendarat di wilayah kekuasaan sekutu tapi di wilayah kekuasaan Jerman. Farrier tertangkap oleh tentara Jerman tapi sebelum tertangkap, Farrier sempat meledakkan Spitfirenya agar tidak bisa dimanfaatkan Jerman.

Akhirnya Operasi Dynamo berhasil diselesaikan dengan baik, tercatat 338.226 tentara sekutu berhasil diselamatkan. Diceritakan juga, walaupun kehilangan sahabat tapi Dawson dan Peter sangat senang karena pemerintah Inggris mengangkat George sebagai Pahlawan Dunkirk.

Opini Saya Tentang Film Ini
Menurut saya film ini sangat seru dan menjadi tontonan wajib bagi penggemar film perang tapi alur cerita film ini agak membingungkan karena dibagi menjadi 3 bagian tapi tiga bagian itu tidak berurutan melainkan meloncat-loncat. Semoga sinopsis film ini bisa membantu bagi yang kebingungan dengan alur ceritanya.

Saya ingin membahas tentang sejarah Operasi Dynamo di Pantai Dunkirk ini. Kelihatannya keberhasilan Operasi Dynamo merupakan mukjizat karena berhasil menyelamatkan 338.226 tentara sekutu dari kepungan pasukan Jerman yang waktu itu sedang kuat-kuatnya.
 
Foto asli Operasi Dynamo di Pantai Dunkirk
Tapi sebenarnya keberhasilan Operasi Dynamo itu disebabkan oleh kesalahan Hitler. Pasukan Jerman bisa saja menyerang pasukan sekutu di Pantai Dunkirk yang dalam kondisi lemah itu, dan jika serangan itu dilakukan bisa dipastikan sekitar 400 ribu tentara sekutu akan mati konyol sehingga kekuatan sekutu melemah dan Jerman bisa menang perang. Tapi entah mengapa Hitler memerintahkan untuk menghentikan serangan ke Dunkirk sehingga memberi kesempatan para tentara sekutu dievakuasi.
 
Foto Asli Operasi Dynamo di Pantai dunkirk
Sampai sekarang tidak diketahui alasan pasti Hitler memerintahkan penghentian serangan ke Dunkirk itu tapi hal itu dianggap blunder Hitler yang pertama pada Perang Dunia ke-2. Ratusan ribu tentara sekutu yang selamat dari Dunkirk itu kelak akan berbalik memukul pasukan Jerman sehingga Jerman keok di Perang Dunia ke-2.


Sebagai penutup, saya sangat merekomendasikan film ini bagi para penggemar film perang dan film action.

1 comment:

anim-button
Untuk film animasi saya bahas di blog tersendiri, Silahkan klik button ini :
Custom Search