Monday, May 9, 2016

CAPTAIN AMERICA: CIVIL WAR

Genre : Action Superhero
Sutradara : Anthony Russo,Joe Russo
Pemain : Chris Evans,Robert Downey Jr.,Scarlett Johansson,Sebastian Stan,Anthony Mackie,Don Cheadle,Jeremy Renner,Chadwick Boseman,Paul Bettany,Elizabeth Olsen,Paul Rudd,Emily VanCamp,Tom Holland,Frank Grillo,William Hurt,Daniel Brühl
Musik: Henry Jackman
Tanggal rilis : 6 Mei 2016
Durasi : 147 menit

Pada bagian awal film ini diceritakan walaupun kelompok superhero The Avenger pimpinan Captain America telah banyak berjasa memberantas kejahatan, tapi mulai tidak disukai oleh PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa atau United Nation/UN).
The Avenger mulai tidak disukai PBB karena ketika sedang bertempur banyak menimbulkan kerusakan dan korban dari rakyat sipil. Oleh karena itu PBB memutuskan agar The Avenger tidak berdiri sendiri tetapi merupakan bagian PBB dan segala tindakannya akan diawasi oleh PBB. Untuk merealisasikan rencananya, PBB mengundang The Avenger untuk menandatangi perjanjian di negara Sokovia sehingga perjanjian itu disebut Sokovia Accords.

Tapi Sokovia Accords menimbulkan perpecahan The Avenger karena tidak semua anggota The Avenger menyetujuinya sehingga The Avenger terpecah menjadi dua kubu.
Kubu yang menyetujui Sokovia Accords dipimpin oleh Ironman terdiri dari War Machine, Black Widow dan Vision. Sedangkan kubu yang menolak Sokovia Accords dipimpin oleh Captain America terdiri dari Hawkeye, Falcon dan Scarlet Witch.
Captain America menolak Sokovia Accords karena bisa membatasi ruang gerak The Avenger.

Celakanya, perpecahan The Avenger itu diketahui oleh Helmut Zemo seorang kolonel Sokovia yang sangat dendam pada The Avenger karena seluruh keluarganya tewas menjadi korban ketika The Avenger bertempur melawan Ultron di Sokovia. Helmut Zemo bertekad semakin memecah belah The Avenger sehingga mereka akan saling membunuh sendiri.

Lebih celaka lagi, dengan keahliannya sebagi tentara, Helmut Zemo berhasil menemukan mantra untuk membuat  Bucky Barnes (sahabat Captain America) si Winter Soldier menjadi patuh kepadanya. Winter Soldier adalah  tentara super buatan HYDRA (organisasi militer pecahan NAZI).

Helmut Zemo menyuruh Winter Soldier mengacau jalannya Sokovia Accords. Ketika sedang terjadi penandatangan Sokovia Accords, Winter Soldier melakukan pengeboman sehingga menewaskan salah satu presiden yang ikut menandatangani Sokovia Accords yaitu Presiden Nigeria.

Lebih licik lagi, Helmut Zemo sengaja agar Winter Soldier tertangkap kamera CCTV sehingga seluruh dunia tahu dialah pelakunya dan Winter Soldier menjadi buronan. Hal itu semakin memperuncing permusuhan kubu Ironman dan kubu Captain America karena Ironman merasa Winter Soldier harus ditangkap sedangkan Captain America membela Winter Soldier sebagai sahabatnya karena yakin bahwa Winter Soldier berada dibawah pengaruh HYDRA.

Winter Soldier sempat tertangkap polisi Jerman dan dipenjara di penjara khusus tapi berhasil dibebaskan oleh Helmut Zemo yang menyamar sebagai petugas yang menginterogasi Winter Soldier.
Winter Soldier berhasil lepas dari pengaruh hipnotis Helmut Zemo sehingga bisa melarikan diri dan sampai ke Captain America. Bucky Barnes memberitahu Captain America bahwa dia bukanlah satu-satunya Winter Soldier karena HYDRA membuat 5 Winter Soldier lain dan disembunyikan di Siberia.

Setelah mendengar informasi tentang adanya 5 Winter Soldier lain, Captain America merasa harus menemukan 5 Winter Soldier itu karena akan sangat berbahaya jika dimanfaatkan lagi oleh HYDRA. Bayangkan 1 Winter soldier saja sudah sangat merepotkan apalagi 5. Maka Captain America bersama superhero lain yang setuju dengannya yaitu Hawkeye, Falcon dan Scarlet Witch serta ditambah anggota baru yaitu Antman (superhero yang punya kekuatan bisa membesar kecilkan ukuran tubuhnya) bersiap ke Siberia.

Tetapi ketika akan berangkat ke Siberia, Captain America dan kawan-kawan dihadang oleh Ironman dan kawan-kawannya yaitu War Machine, Black Widow dan Vision yang mendapat tugas dari PBB untuk menangkap Winter Soldier. Lebih merepotkan lagi, Ironman mendapat sekutu baru yaitu Spiderman dan Black Panther (putra Presiden Nigeria yang menjadi superhero dan sangat dendam pada Bucky Barnes karena membunuh ayahnya).
Maka terjadilah pertempuran yang seru antara superhero- superhero pimpinan Captain America dan superhero- superhero pimpinan Ironman.


Karena pertempuran berjalan seimbang maka Captain America terpaksa memutuskan meninggalkan teman-temannya untuk bertarung melawan kubu Ironman sedangkan ia dan Bucky Barnes terbang ke Siberia untuk segera menemukan 5 Winter Soldier.
Captain America dan Bucky Barnes sampai di Siberia dan menemukan 5 Winter Soldier tapi bisa diikuti oleh Ironman.

Anehnya 5 Winter Soldier sudah dibunuh oleh Helmut Zemo, ternyata hal itu adalah bagian dari akal licik Helmut Zemo. Ternyata Captain America, Bucky Barnes dan Ironman sengaja dipancing Helmut Zemo ke tempat 5 Winter Soldier karena disana ada arsip berupa video yang menunjukkan bahwa kedua orangtua Ironman tewas karena dibunuh Bucky Barnes.

Ironman tentu saja sangat marah dan langsung menyerang Bucky Barnes. Ironman tidak peduli dengan penjelasan Captain America bahwa waktu itu Bucky Barnes dihipnotis HYDRA. Maka terjadilah pertarungan antara Ironman melawan Captain America yang membela sahabatnya Bucky Barnes, mereka berhasil diadu domba oleh Helmut Zemo.

Siapakah pemenang duel antara Captain America melawan Ironman? Bagaimanakah nasib Helmut Zemo? Dan apakah The Avenger tetap terpecah belah atau bisa bersatu lagi?
Agar bisa lebih puas (dan agar tidak disebut spoiler hehehe...) maka saya persilahkan menonton sendiri film ini.

Film ini sangat seru kok sehingga tidak membosankan walaupun durasinya sangat lama bahkan paling lama dari film-film Marvel lainnya yaitu 147 menit.

2 comments:

anim-button
Untuk film animasi saya bahas di blog tersendiri, Silahkan klik button ini :
Custom Search