Monday, April 14, 2014

CAPTAIN AMERICA 2 : THE WINTER SOLDIER

Sutradara : Anthony Russo,Joe Russo
Pemain :  Chris Evans, Scarlett Johansson, Sebastian Stan, Anthony Mackie, Cobie Smulders, Frank Grillo, Emily VanCamp, Hayley Atwell, Robert Redford, Samuel L. Jackson
Musik : Henry Jackman
Studio :                Marvel Studios
Distributor : Walt Disney Studios,Motion Pictures
Tanggal rilis : 13 Maret 2013       
Durasi : 136 minutes

Film ini bercerita 2 tahun setelah Kapten Steve Rogers atau yang dikenal sebagai Captain America bersama 4 superhero lain berhasil menyelamatkan Kota New York dari ancaman Loki si mahkluk Planet Asgard (film The Avengers).

Sebagai Review, Steve Rogers adalah prajurit Angkatan Darat Amerika pada Perang dunia yang disuntik obat khusus sehingga menjadi tentara super. Ketika menjalankan tugas, Steve Rogers terdampar di antartika dan membeku selama 70 tahun kemudian bisa dibangkitkan lagi dengan teknologi canggih.
Pada film ini ada adegan yang mengharukan yaitu Steve Rogers bertemu lagi dengan pacarnya di tahun 1940an yaitu Peggy Carter tapi Peggy Carter tentu saja sudah menjadi nenek-nenek berusia 90 tahunan dan sudah sakit-sakitan.

Pada film ini,  Steve Rogers masih bekerja di organisasi militer Amerika bernama SHIELDS (Supreme Headquarters, International Espionage, Law-Enforcement Division) dan dipercaya memimpin sebuah regu pasukan khusus bernama STRIKE (Special Tactical Reserve for International Key Emergencies).

Suatu ketika Steve Rogers bersama STRIKE mendapat tugas dari atasannya yaitu Nick Fury untuk menyelamatkan sebuah kapal milik SHIELD yang sedang disandera oleh bajak laut.
Steve Rogers bersama STRIKE berhasil menyelamatkan kapal itu tetapi ada hal yang membuat Steve Rogers marah karena salah satu anak buahnya yaitu agen Natasha Romanoff atau yang dikenal dengan julukan Black Widow mengcopy data di kapal SHIELD itu ke sebuah flasdisk. Hal itu berarti salah satu anak buahnya mempunyai misi lain yang tidak diketahui oleh Steve Rogers.


Setelah menanyakan perbuatan Black Widow itu kepada Nick Fury, Steve Rogers sangat kecewa karena ternyata Nick Fury memang memerintahkan Black Widow untuk menyelamatkan data dari kapal yang dibajak itu. Nick Fury bersama SHIELD memang punya misi khusus yang diberi nama Operasi Insight.


Operasi Insight merupakan operasi yang menggunakan 3 Helicarrier (pesawat tempur canggih milik SHIELD) yang senjatanya mampu menembak sasaran dengan tepat karena dipandu oleh satelit. Dengan Operasi Insight, SHIELD berencana akan menghancurkan musuh-musuhnya atau pihak yang tidak sepaham dengan SHIELD.
Steve Rogers tidak setuju dengan Operasi Insight karena operasi itu bisa menjadi terror yang meresahkan umat manusia, Nick Fury akhirnya juga memilih mundur dari Operasi Insight.

Mundurnya Nick Fury dari Operasi Insight ternyata membawa petaka bagi dirinya, ketika Nick Fury pulang dari SHIELD ia diserang oleh sekelompok tentara SHIELD. Untungnya mobil yang dikendarai Nick Fury sudah dilengkapi dengan alat pertahanan yang canggih sehingga Nick Fury bisa selamat dari serangan itu.
Tapi Nick Fury sangat kewalahan setelah kelompok tentara SHIELD mengerahkan tentara andalannya yang kekuatannya setara dengan Steve Rogers bahkan bisa lebih kuat karena tangan kirinya terbuat dari baja. Sepertinya tentara super yang berjulukan Winter Soldier (Prajurit Musim Dingin) itu juga manusia yang dengan teknologi canggih diubah menjadi manusia super seperti Captain America.

Untungnya walaupun terluka parah, Nick Fury berhasil selamat dari Winter Soldier dan bisa melarikan diri ke rumah Steve Rogers. Tapi di rumah Steve Rogers tiba-tiba muncul Winter Soldier yang berhasil menembak Nick Fury dari balik jendela. Steve Rogers sudah berusaha mengejar Winter Soldier tapi gagal.
Nick Fury dicoba diselamatkan di rumah sakit tapi gagal dan dinyatakan mati. Sebelum mati, Nick Fury sempat memberi Steve Rogers sebuah flasdisk berisi data kapal SHIELD yang dulu dicopy oleh Black Widow. Flasdisk itu ternyata berisi data-data Operasi Insight.

Karena memiliki data Operasi Insight, ganti Steve Rogers yang diburu oleh tentara SHIELD bahkan oleh regu STRIKE yang dulu dipimpinnya. Berkat kekuatan supernya dan dibantu oleh Black Widow, Steve Rogers bisa lolos dari tentara-tentara SHIELD dan Winter Soldier.
Tapi ada hal yang membuat Steve Roger sangat terkejut dan juga sedih yaitu ketika bertarung dengan Winter Soldier ia sempat membuka topeng Winter Soldier dan ternyata Winter Soldier itu adalah sahabatnya ketika menjadi tentara Amerika di tahun 1940an yaitu Sersan James Buchanan Barnes atau yang biasa dipanggil Bucky. Lebih menyedihkan lagi, Bucky sepertinya telah kehilangan semua ingatannya sehingga tidak lagi mengenali Steve Rogers.
Bagaimana ceritanya Bucky sahabat setia Steve Rogers bisa jadi mesin pembunuh SHIELD? Nanti akan saya ceritakan.

Berdasarkan flasdisk pemberian Nick Fury, Steve Rogers dan Black Widow akhirnya bisa tahu penyebab SHIELD yang dulunya merupakan Divisi Militer Amerika yang selalu siap menjadi “perisai” untuk melindungi rakyat menjadi organisasi pembunuh yang kejam.
Ternyata biang keladinya adalah dulu di tahun 1940an ketika Amerika masih berperang melawan NAZI Jerman pada Perang Dunia II, SHIELD merekrut ilmuwan HYDRA yang tertangkap yaitu Dr. Arnim Zola. HYDRA adalah salah satu divisi NAZI yang membelot dari NAZI dan berniat menguasai dunia (diceritakan di film Captain America I : The First avenger).

Masuknya Dr. Arnim Zola ternyata menyusupkan HYDRA ke tubuh SHIELD sehingga perlahan tapi pasti SHIELD berhasil dikuasai HYDRA, bahkan pimpinan SHIELD sekarang yaitu Alexander Pierce adalah seorang HYDRA. Celakanya, melalui SHIELD, HYDRA tetap meneruskan cita-citanya untuk menguasai dunia.
Dr. Arnim Zola juga yang mengubah Bucky, Sersan Angkatan Darat Amerika sahabat Steve Rogers yang di tahun 1942 dinyatakan gugur dalam tugas karena jatuh ke jurang menjadi Winter Soldier si tentara super kemudian dibekukan lalu di tahun 2014 dibangkitkan lagi. Tapi Dr. Arnim Zola menghapus semua memori Bucky sehingga benar-benar menjadi mesin pembunuh yang selalu taat pada perintah HYDRA.

Lebih gawat lagi, HYDRA dengan Operasi Insight berencana menggunakan 3 Helicarrier untuk menembak mati orang-orang yang dianggap menghalangi cita-cita HYDRA untuk menguasai dunia. Ketiga Helicarrier itu dipastikan bisa menembak dengan sangat tepat karena dipandu satelit.

Steve Rogers dan Black Widow berusaha menghentikan niat jahat HYDRA itu. Untung saja Black Widow tidak hanya jago beladiri tapi juga jago komputer sehingga bisa menciptakan chip yang jika dipasang di sistem komputer pesawat induk Helicarrier bisa mengacaukan sistem komputer 3 pesawat helicarrier lain sehingga ketiga helicarrier itu tidak jadi melaksanakan perintah HYDRA tapi malah akan saling menghancurkan.

Lebih menggembirakan lagi Steve Rogers dan Black Widow mendapat sekutu baru yaitu seorang tentara Amerika yang bertugas sebagai penerjun payung bernama Sam Wilson. Apalagi Sam Wilson ini tidak hanya bisa dipercaya tapi bisa menambah kekuatan karena sangat mahir mengoperasikan alat tempur baru yaitu wing pack. Wing pack adalah alat tempur berbentuk sayap sehingga pemakainya bisa terbang seperti burung. Karena keahlian terbangnya itu, Sam Wilson dijuluki Falcon (elang).


HYDRA tentu saja tidak tinggal diam, mereka bersama Winter Soldier berhasil menyergap Steve Rogers, Black widow dan Falcon sampai ketiganya tertangkap kemudian dibawa ke markas SHIELD. Untungnya ada seorang tentara wanita SHIELD yang membelot bernama Maria Hill.
Berkat Maria Hill, Steve Rogers bersama Black Widow dan Falcon bisa melarikan diri ke sebuah tempat tersembunyi di bawah jembatan yang merupakan tempat persembunyian Nick Fury.

Bukannya Nick Fury sudah mati ditembak Winter Soldier? Ternyata Nick Fury hanya pura-pura mati supaya bisa menyusun kekuatan bersama beberapa anggota SHIELD yang masih loyal kepadanya untuk melawan HYDRA.
Steve Rogers dan kawan-kawan berencana menyerang HYDRA pada saat dimulainya Operasi Insight.

Akhirnya tibalah saatnya SHIELD melaksanakan Operasi Insight dengan meluncurkan Kapal Induk Helicarrier dengan dipimpin oleh pimpinan SHIELD yang merupakan anggota HYDRA yaitu Alexander Pierce. Peluncuran Helicarrier-helicarrier itu juga dihadiri oleh 5 pejabat negara yang merupakan anggota Dewan Pengawas SHIELD, rupanya kelima pengawas SHIELD itu sudah mencium ada yang tidak beres di SHIELD.


Steve Rogers dan kawan-kawan berhasil menyusup ke markas SHIELD untuk mencegah dimulainya Operasi Insight sehingga para tentara anggota SHIELD terpecah menjadi 2 yaitu pendukung Steve Rogers dan pendukung HYDRA dan mereka saling bertempur.


Tetapi walaupun Black Widow dengan menyamar sebagai salah satu anggota Dewan Pengawas SHIELD  berhasil menyusup masuk ke ruang kontrol peluncuran helicarriers bahkan berhasil menyusupkan Nick Fury, tetap saja gagal menghentikan Alexander Pierce meluncurkan helicarrier-helicarrier karena menggunakan anggota dewan pengawas SHIELD lainnya sebagai sandera.

Ketiga helicarrier beserta kapal induknya telah mengudara dan siap menghancurkan musuh-musuh HYDRA. Tetapi Steve Rogers tidak menyerah dan berhasil masuk ke Kapal Induk helicarrier. Walaupun dihadang oleh Winter Soildiers dan terluka parah dalam pertarungan, Steve Rogers akhirnya berhasil memasang chip buatan Black Widow sehingga programnya kacau. Ketiga helicarrier tidak jadi melaksanakan  perintah HYDRA tapi malah saling menembak sehingga rusak parah dan rontok ke tanah. Lebih menggembirakan lagi, Black Widow dan Nick Fury berhasil melumpuhkan Alexander Pierce.
Falcon juga berhasil melaksanakan tugasnya untuk melumpuhkan anggota-anggota SHIELD yang berkhianat dengan menjadi anggota HYDRA.

Masalah Steve Rogers belum selesai karena harus menghadapi Winter Soldier di kapal induk helicarrier. Tapi Steve Rogers tidak melawan walaupun dihajar habis-habisan oleh Winter Soldier karena Steve Rogers berusaha mengembalikan ingatan Winter Soldier yang sebenarnya adalah sahabat baiknya itu. 
Tapi usaha Steve Rogers sia-sia karena Winter Soldier atau Bucky terus menghajarnya. Untung Steve Rogers tidak sampai mati walaupun dipukuli oleh Winter Soldiers dengan tangan bajanya karena pesawat induk yang mereka tumpangi jatuh di sungai.

Steve Rogers dalam keadaan bahaya karena pingsan oleh pukulan baja Winter Soldier dan bisa mati tenggelam, untung ingatan Winter Soldier/Bucky itu sedikit pulih sehingga ia menyelamatkan Steve Rogers. Tapi sepertinya ingatan Bucky belum sepenuhnya pulih sehingga setelah menyelamatkan Steve Rogers, ia pergi begitu saja.

Karena kekacauan yang ditimbulkan, SHIELD akhirnya dibubarkan oleh pemerintah Amerika. Dengan bubarnya SHIELD, bagaimana nasib Steve Rogers dan kawan-kawan? Black Widow tetap menjadi agen rahasia Amerika walaupun dimutasi ke bagian lain dan sempat diadili karena Alexander Pierce membocorkan masa lalu Black Widow sebagai bekas agen rahasia Rusia, Nick Fury bertekad pergi ke Eropa untuk mencari sisa-sisa HYDRA, sedangkan Steve Rogers bersama Falcon bertekad mencari Bucky atau Winter Soldier, sahabat baiknya.

OPINI SAYA TENTANG FILM INI :
Sebelumnya saya minta maaf jika saya menulis sinopsis film ini mungkin terlalu lengkap sehingga terasa seperti spoiler. Tapi jangan khawatir biarpun saya memberi informasi selengkap mungkin tapi saya tetap berusaha agar orang tetap penasaran untuk menonton filmnya sehingga filmnya tetap bisa laris. Pokoknya tidak ada niat dari saya untuk mematikan rejeki orang lain deh...

Bicara tentang larisnya film ini, film ini memang sangat laris karena ketika saya antri di gedung bioskop untuk beli tiketnya, antriannya sangat panjang bahkan sampai keluar dari gedung bioskop, itupun saya sempat kehabisan karcis. Saya jadi bertanya-tanya bagaimana hebatnya sih film ini.
Tapi setelah menonton film ini, saya jadi berpendapat memang pantas film ini jadi box office karena memang sangat seru, saya jamin film ini tidak membosankan sama sekali.

Georges St-Pierre
Walaupun film ini merupakan film superhero tapi berbeda dengan film-film superhero lain. Jika film-film superhero lain banyak menampilkan adegan kekuatan super yang tidak masuk akal seperti manusia bisa terbang, mata bisa mengeluarkan sinar laser atau tidak mempan ditembak tapi film ini lebih manusiawi dan realistis.
Adegan perkelahiannya pun tidak hanya manusiawi tapi juga menampilkan seni beladiri modern atau biasa disebut mix martial art. Bahkan salah satu aktornya yaitu Georges St-Pierre pemeran Georges Batroc si pemimpin bajak laut benar-benar atlet mix martial arts dan pernah 3 kali juara UFC (Ultimate Fighting Championship).

Masih tentang adegan pertarungan di film ini, saya merasa bahwa adegan perkelahiannya mirip dengan adegan perkelahian di film Indonesia yaitu The Raid. Ternyata sutradara film ini mengakui bahwa ia memang terinspirasi dari film The Raid, sumbernya klik disini.
Wah.. kita sebagai orang Indonesia patut bangga nihhhh.....

Yang jelas film ini ada sequelnya karena di bagian akhir diceritakan masih ada sisa-sisa anggota HYDRA yang menyusun kekuatan untuk meneruskan cita-citanya menguasai dunia. Mari kita tunggu sequel film ini tapi mungkin nama Captain America bisa berubah jadi Major America atau Colonel America karena naik pangkat, masak Kapten terus hehehe... canda bro...

6 comments:

anim-button
Untuk film animasi saya bahas di blog tersendiri, Silahkan klik button ini :
Custom Search