Saturday, November 14, 2009

THE SNIPER

Sutradara : Dante Lam
Pemain : Richie Ren,Edison Chen,Huang Xiaoming
Tanggal rilis : 9 April 2009
Durasi : 87 menit

Hartman, Lincoln dan Shane adalah anggota dari pasukan khusus penembak jitu (sniper) Hongkong. Dari ketiganya, Lincoln adalah sniper yang paling hebat, berkali-kali ia menjadi juara kejuaraan menembak jitu.
Tetapi sayang sekali, atasan-atasan mereka berpikiran lain, Lincoln memang paling hebat dalam menembak tetapi Hartman lebih punya sifat kepemimpinan maka Hartman yang dipilih untuk dipromosikan menjadi komandan pasukan khusus sniper dengan pangkat inspektur kepala. Hal itu tentu saja sangat mengecewakan Lincoln dan menumbuhkan benih kebencian kepada Hartman.

Lincoln semakin frustasi ketika harus dipenjara karena kasus salah tembak. Waktu itu sebuah gerombolan penjahat pimpinan Tao merampok sebuah bank, Tao berhasil menyandera anak pimpinan bank. Tim pasukan khusus sniper termasuk Lincoln, Hartman dan Shane ditugaskan untuk mengatasi hal itu.
Dari pengintaiannya jarak jauh, Lincoln melihat Tao akan menarik pelatuk granat yang dibawanya maka nalurinya sebagai sniper membuat dia melepas tembakan tetapi tembakannya meleset dan malah menewaskan anak pimpinan bank.

Di pengadilan, Shane dan Hartman tidak bisa membela Lincoln bahkan terpaksa membuat kesaksian yang memberatkan Lincoln karena Hartman dan Shane tidak melihat Tao menarik pemicu granat. Lincoln dinyatakan bersalah dan dipenjara 4 tahun.
Hal itu membuat Lincoln semakin benci kepada Hartman dan Shane.
Di penjara, Lincoln semakin tertekan bahkan sampai mengalami gangguan jiwa karena istrinya tewas bunuh diri.

Ketika Lincoln keluar dari penjara, Hartman dan Shane sudah menunjukkan itikad baik dengan menjemputnya bahkan memberi Lincoln sejumlah uang.
Tetapi Lincoln yang sudah terganggu jiwanya tidak menyadari hal itu, uang pemberian Hartman dan Shane malah digunakan untuk membeli senapan-senapan dan senjata-senjata khusus untuk sniper dari pasar gelap.
Dengan senjata-senjata yang dibelinya dan keahliannya sebagai sniper, Lincoln berhasil membebaskan pimpinan gangster Tao dari penjara. Sekarang Lincoln bersekutu dengan Tao.
Sintingnya Lincoln juga semakin parah karena ia sering berbicara sendiri, ia merasa berbicara dengan istrinya padahal istrinya sudah meninggal.

Sementara itu, Hartman yang sekarang sudah menjadi komandan pasukan sniper merasa perlu menambah personelnya. Pilihan Hartman jatuh pada polisi muda yang dianggapnya sangat berbakat yaitu OJ. Pilihan Hartman ternyata sangat tepat, setelah dilatih, OJ menjadi sniper yang handal bahkan kemampuannya bisa disetarakan dengan Lincoln. Tetapi agak disayangkan sifat OJ mirip dengan Lincoln yaitu terlalu percaya diri sehingga cenderung sombong. Hal itu karena OJ sebenarnya sangat mengidolakan Lincoln.

Kembali ke Lincoln, Tao si pimpinan gangster sangat senang mendapat sekutu baru yang handal yaitu Lincoln. Tetapi sebenarnya Lincoln menggunakan Tao sebagai sarana untuk balas dendam kepada Hartman.
Suatu ketika, Lincoln berhasil membujuk Tao untuk bersama-sama membunuh Hartman. Untunglah niat jahat itu gagal karena Hartman dengan pengalamannya sebagai komandan pasukan khusus berhasil lolos dari sergapan Lincoln dan Tao bersama anak-anak buahnya. Tetapi biarpun terluka parah, Lincoln dan Tao berhasil meloloskan diri.

Adik Tao yang pernah dipenjara bersama Lincoln sebenarnya sudah memperingatkan Tao bahwa Lincoln adalah seorang gila tetapi Tao tidak memperdulikannya. Kemudian memang kegilaan Lincoln semakin menjadi-jadi. Lincoln berhasil menangkap dan membunuh Shane bahkan akhirnya Lincoln membunuh Tao.
Puncak kegilaan Lincoln adalah ketika dendamnya kepada Hartman memuncak. Dengan keahlian snipernya, Lincoln berhasil membajak sebuah mobil polisi dan menyandera komandannya seorang pejabat penting kepolisian Hongkong bernama Inspektur Hei.
Lincoln mengancam kepolisian Hongkong agar menyerahkan Hartman atau Inspektur Hei dibunuh.

Kepolisian Hongkong sudah berusaha mengepung Lincoln tetapi mereka tidak bisa menandingi keahlian sniper Lincoln, satu persatu polisi-polisi itu roboh terkena tembakan jitu Lincoln (diceritakan bahwa Lincoln mampu menembak tepat dari jarak 500 m).
Terpaksa Hartman dan anak-anak buahnya (termasuk OJ) datang menghadapi Lincoln. Terjadilah pertarungan antar sniper yang seru. Tetapi Lincoln memang terlalu tangguh, satu-persatu anak buah Hartman roboh terkena tembakan jitu Lincoln, bahkan Hartman sendiri terluka parah terkena tembakan jitu Lincoln. Hanya OJ yang masih utuh, tidak terluka sama sekali.

Dalam keadaan sudah sangat terdesak, akhirnya Hartman dan OJ berhasil mengalahkan Lincoln dengan memanfaatkan kelemahan Lincoln yaitu menahan napas sewaktu menembak.

Opini saya tentang film ini :
Menurut saya, sebagai film action film ini cukup seru dan mendebarkan. Tetapi yang lebih penting lagi adalah pesan dari film ini yaitu jenis sakit hati seperti jenis yang diderita Lincoln bisa sangat berbahaya.
Maka dianjurkan bagi yang saat ini menjabat sebagai Big Boss agar berhati-hati menentukan pilihan sewaktu mempromosikan anak buahnya. Jangan sampai yang benar-benar berpotensi tidak terpilih, sakit hatinya bisa sangat berbahaya. Apalagi jika orang itu memang benar-benar punya keahlian yang mumpuni (di film ini dicontohkan Lincoln yang ahli menembak jitu), bisa dibayangkan betapa merepotkannya nanti.

2 comments:

  1. Emang seru film sniper terbaik di atas om. saya sudah nonton berulang kali tapi ndak bosen-bosen. Manteb dah!!!

    ReplyDelete

  2. Kebetulan banget, gue lagi nyari film sniper terbaik buat tontonan waktu luang. Thanks gan!

    ReplyDelete

anim-button
Untuk film animasi saya bahas di blog tersendiri, Silahkan klik button ini :
Custom Search