Thursday, March 19, 2009

SPACE BUDDIES

Jenis film : Science Fiction
Sutradara : Robert Vince
Pemain/pengisi suara : Field Cate,Jason Earles,Josh Flitter,Skyler Gisondo,Diedrich Bader,Bill Fagerbakke,Nolan Gould
Tanggal rilis : 3 Februari 2009
Durasi : 84 menit


Buddha adalah nama seekor anjing jantan yang dipelihara seorang anak laki-laki bernama Sam. Suatu ketika Buddha mendengar dari Sam bahwa sekolahnya akan mengadakan kunjungan ke perusahaan penerbangan antariksa bernama Vision Enterprises. Vision Enterprises akan mengadakan percobaan peluncuran pesawat ruang angkasa bernama Vision-1.
Buddha yang mempunyai jiwa petualang segera mengajak kawan-kawan anjing satu kompleknya yaitu Rosebud, Budderball, B-Dawg dan Mudbud untuk melihat peluncuran pesawat ruang angkasa itu. Keesokan harinya, kelima anjing itu berhasil menyusup ke bis sekolah Sam sehingga terbawa ke tempat Vision Enterprise.

Proyek peluncuran Vision-1 dipimpin oleh Dr. Pi yang dibantu 2 stafnya yaitu Slats Bentley dan Astro Spaulding. Dr. Pi adalah ilmuwan yang eksentrik karena mempunyai seekor musang yang selalu dibawa kemana-mana, musang itu diberi nama Gravity.
Biarpun Pesawat Vision-1 dirancang dengan penumpang tetapi pada proyek ini direncanakan Vision-1 akan menuju bulan tanpa penumpang dan akan dikendalikan dari bumi. Jika Vision-1 berhasil ke bulan dan kembali ke bumi dengan selamat , akan dilanjutkan proyek peluncuran berikutnya dengan penumpang.
Buddha dan keempat teman anjingnya berhasil menyusup masuk ke dalam pesawat vision-1. Sebenarnya Buddha dan kawan-kawan hanya berencana melihat-lihat saja tetapi mereka terbawa pesawat Vision 1 menuju ke bulan .
Para manusia di bumi tidak ada yang tahu bahwa Vision-1 ditumpangi oleh 5 ekor anjing termasuk pemilik anjing-anjing itu. Mereka tentu saja sangat sedih kehilangan anjing kesayangannya.

Pesawat Vision-1 sudah berada di ruang angkasa tetapi terjadi salah perhitungan yaitu bahan bakar yang dibawa tidak cukup untuk kembali ke bumi. Akhirnya diputuskan Vision-1 singgah ke sebuah stasiun ruang angkasa milik Rusia untuk mengisi bahan bakar. Di Stasiun ruang angkasa Rusia itu terdapat seorang astronot rusia bernama Yuri dan seekor anjing bernama Spudnick. Spudnick sebenarnya bukan anjing peliharaan Yuri tetapi milik seorang anak rusia bernama Sasha.
Spudnick sebenarnya sudah bosan di Stasiun ruang angkasa dan ingin pulang ke bumi untuk bertemu lagi dengan Sasha tetapi Yuri sudah betah di Stasiun Ruang angkasa itu dan ingin menghabiskan sisa hidupnya di sana.

Ketika Vision sedang mengisi bahan bakar, Buddha dan kawan-kawan berhasil masuk ke Stasiun ruang angkasa Rusia dan bertemu dengan Spudnick. Spudnick berencana ikut Budhha dan kawan-kawan dengan pesawat Vision-1 supaya bisa pulang ke Bumi. Tetapi rencana mereka ketahuan Yuri yang segera menghalang-halanginya. Karena ulah Yuri, Stasiun ruang angkasa mengalami kerusakan parah dan meledak. Untunglah Pesawat Vision-1 berhasil meninggalkan Stasiun Ruang angkasa Rusia itu dengan membawa Spudnick, Budha dan kawan-kawan anjingnya. Yuri juga berhasil menyelamatkan diri dengan sebuah pesawat kecil.

Sesuai dengan rencana, Vision-1 berhasil mendarat di bulan. Buddha dan kawan-kawan keluar dari pesawat dan menjadi anjing pertama yang berjalan-jalan di bulan.
Ketika berjalan-jalan di bulan, keenam anjing itu tertangkap kamera sehingga Dr. Pi dan stafnya mengetahui ada anjing di pesawatnya.
Berkat jasa Gravity si musang, Buddha dan kawan-kawan berhasil masuk lagi ke Vision-1 dan kembali ke bumi.

Perjalanan pulang ke bumi ternyata penuh dengan halangan dan rintangan seperti sabotase dari ilmuwan saingan Dr. Pi yaitu Dr. Finkel, hujan meteor di ruang angkasa dan pesawat Yuri yang tiba-tiba datang menabrak Vision-1.
Berkat perjuangan dari Buddha dan kawan-kawan didukung oleh kerja keras dari Dr. Pi dan Stafnya yang diam-diam dibantu Gravity, Vision-1 berhasil mendarat di Bumi dengan selamat.
Keenam anjing itu akhirnya berhasil bertemu dengan majikan-majikannya dan menjadi pahlawan dengan gelar SPACE BUDDIES.

Opini saya tentang film ini :
Seperti film Walt Disney lainnya, film ini memang untuk anak-anak. Tetapi menurut saya ada adegan yang kurang pantas ditonton oleh anak-anak yaitu adegan seorang guru wanita ditabrak oleh siswa-siswanya yang masih anak-anak bahkan sampai diinjak-injak seperti gambar berikut ini :
Buat anak-anak yang menonton film ini, jangan ditiru adegan itu ya adik-adik.
Buat Walt Disney atau penggemar filmnya, jangan marah ya…ini kritik membangun…

No comments:

Post a Comment

anim-button
Untuk film animasi saya bahas di blog tersendiri, Silahkan klik button ini :
Custom Search