Wednesday, December 8, 2010

BEST SELLER

Genre: Thriller
Sutradara : Lee Jeong Ho
Pemain: Uhm Jung Hwa, Ryoo Seung Yong, Lee Do Kyeong, Jo Jin Woong, Lee Sung Min, Kim Hwa Yeong, Park Sa Rang, Lee Da Eun
Tanggal rilis : 15 April 2010
Durasi : 117 mins

Hee Soo adalah penulis novel yang novel-novelnya mampu menjadi best seller di Korea Selatan selama 20 tahun. Tetapi reputasi selama itu hancur lebur karena novel terakhirnya dituduh menjiplak karya orang lain.

Untuk mengembalikan reputasinya, pimpinan penerbit novel-novel Hee Soo menyarankan agar Hee Soo menulis novel lagi yang lebih bagus daripada novel-novel sebelumnya kemudian agar bisa lebih konsentrasi, Hee soo disarankan menulis novel di kota yang terpencil.
Hee Soo menuruti saran penerbitnya dan berangkat ke kota terpencil yang disarankan penerbitnya bersama putri satu-satunya yang masih berusia 5 tahun bernama Yeon Hee.

Sang Penerbit ternyata benar-benar baik hati, di kota yang disarankannya itu, Hee Soo sudah disediakan sebuah vila yang bernama Vila John Bate. Tetapi di vila itu Hee Soo mengalami banyak keanehan yaitu para penduduk kota itu sering terlihat heran melihat tingkah laku Hee Soo terutama ketika Hee soo berbicara dengan putrinya.
Lebih aneh lagi, Putri Hee Soo yaitu Yeon Hee mengaku sering bertemu dengan seorang gadis yang sering dipanggilnya kakak padahal Hee Soo tidak pernah melihat gadis yang sering diceritakan Yeon Hee itu. Jadi bisa disimpulkan bahwa Yeon Hee telah bergaul dengan arwah orang yang sudah mati.

Tetapi keanehan itu malah bisa menjadi sumber inspirasi Hee Soo untuk menulis novel. Semua cerita Yeon Hee tentang arwah penasaran seorang gadis muda yang mati karena dibunuh 4 pemuda kemudian mayatnya disembunyikan di vila yang sekarang ditempati oleh Hee soo dan Yeon Hee itu ditulis Hee Soo menjadi sebuah novel. Setelah novel itu terbit, novel itu menjadi best seller dan langsung terjual habis dalam waktu 2 minggu.

Tetapi karir Hee Soo sebagai penulis kembali hancur karena novel terbarunya itu ternyata juga jiplakan dari novel lain yang sudah terbit 10 tahun yang lalu. Hee Soo membela diri dengan mengatakan bahwa ia hanya menulis dari kisah yang diceritakan Yeon Hee, putrinya.
Karena alasannya itu, Hee Soo malah harus diperiksa psikiater karena ternyata Yeon Hee sudah meninggal setahun yang lalu karena terkena sengatan arus listrik. Makanya ketika berada di kota terpencil, penduduknya sering terlihat heran melihat Hee Soo berbicara dengan Yeon Hee karena mereka melihat Hee Soo berbicara sendiri.

Untuk membersihkan namanya, Hee Soo datang kembali ke vila John Bate. Di vila John Bate Hee soo bertemu dengan 4 laki-laki yang ternyata mereka adalah para pembunuh gadis yang ditulis Hee Soo dalam novelnya.

Keempat laki-laki itu menganggap Hee Soo sebagai ancaman karena Hee Soo menulis novel yang menceritakan pembunuhan mereka yang dilakukan 20 tahun yang lalu maka keempat laki-laki itu mengejar Hee Soo.

Pada awalnya Hee Soo berhasil menghindari kejaran 4 laki-laki itu bahkan salah satu dari 4 laki-laki itu patah kakinya karena jatuh ketika berusaha mengejar Hee Soo yang lari ke atap.
Tetapi akhirnya Hee Soo tertangkap dan diikat.

Keempat laki-laki itu ternyata berusaha menghilangkan jejak pembunuhannya dengan cara mengambil mayat wanita korban pembunuhannya yang disembunyikan di vila John Bate untuk dipindah ke tempat lain. Tetapi ketika tempat persembunyian mayat yaitu di bawah lantai dibuka, mayat wanita itu sudah tidak ada,
Keempat laki-laki itu menuduh Hee Soo menyembunyikan mayat wanita kemudian memaksa Hee Soo mengatakan tempat dia menyembunyikan mayat bahkan diancam akan dibunuh.

Untunglah keempat laki-laki itu terlibat pertengkaran dan saling berkelahi. Bahkan salah seorang laki-laki terbunuh. Bersamaan dengan itu, suami Hee Soo yaitu Park Yeong-joon yang selama ini mencari Hee Soo sampai di vila John Bate tetapi sayangnya ia berhasil dibuat pingsan oleh salah satu dari keempat pembunuh itu.
Tetapi Hee Soo berhasil melepaskan ikatan dan melarikan diri bahkan setelah melalui pertarungan yang seru, Hee Soo berhasil membunuh para pembunuh itu.
Setelah itu datang kepala polisi tetapi anehnya ia menyerang Hee Soo hingga pingsan kemudian berusaha menenggelamkan Hee Soo di danau yang terletak di samping vila.

Terbongkarlah semua misteri, ternyata memang bukan Hee Soo yang menyembunyikan mayat wanita tetapi sang kepala polisi itu. Kepala polisi itu dulu menemukan sang wanita korban pembunuhan 4 laki-laki yang disembunyikan di bawah lantai vila tetapi wanita itu masih hidup tetapi kepala polisi itu mencekik si wanita hingga mati kemudian membuangnya di danau yang terletak di sebelah vila.
Mengapa sang kepala polisi malah membunuh si wanita? Ternyata kepala polisi itu adalah ayah dari salah satu dari 4 pembunuh itu yaitu Chan Sik.
Can Sik membunuh si wanita karena wanita itu adalah pacarnya tetapi ia berniat meninggalkan Can Sik ke kota Seoul.

Hee Soo tidak menyerah, ia tetap melawan dan walaupun ia telah ditenggelamkan, Hee soo berhasil menembak mati si kepala polisi dengan pistolnya sendiri.
Hee Soo hampir mati tenggelam tetapi berhasil diselamatkan oleh suaminya yang sudah sadar dari pingsannya.

Akhirnya Hee Soo mengaku kepada masyarakat bahwa novel terbarunya memang hasil jiplakan kemudian sebagai “alibi” ia mengarang cerita bahwa novel jiplakannya itu ditulis berdasarkan cerita dari arwah anaknya yang sudah meninggal.

Opini saya tentang film ini :
Cukup lama juga blogku ini tidak saya update. Selain karena sibuk, saya juga belum menemukan film yang benar-benar enak ditonton. Film-film sebelumnya yang sudah saya tonton jalan ceritanya membosankan sehingga saya terpaksa berhenti menonton walaupun film-film itu belum selesai , sampai akhirnya saya menemukan film dari Korea Selatan ini.

Pada awalnya saya juga pesimis ketika menonton film ini karena pada bagian awal film ini tema ceritanya sama dengan tema di banyak film horror yaitu tentang rumah berhantu, tetapi ternyata cerita berikutnya diluar dugaan yaitu berubah menjadi thriller karena tidak ada hantunya sama sekali.

Acungan jempol juga saya berikan bagi pemeran Hee Soo yaitu Uhm Jung-hwa. Bukan hanya karena kecantikannya tetapi karena aktingnya yang cukup meyakinkan, padahal di Korea Selatan dia bukan hanya pemain film tetapi juga berprofesi sebagai penyanyi.

3 comments: