Sunday, August 30, 2009

HONOR

Sutradara : David Worth
Pemain : Jason Barry, Russell Wong, Roddy Piper, Remy Bonjasky, Linda Park, Masakatsu Funaki, Joanna Pacula, Rener Gracie, Rorion Gracie, John T. Woods, Mitch Morris
Tanggal rilis : 29 Juli 2006

Tyrell atau yang biasa dipanggil LT adalah seorang polisi yang baru saja pensiun. Sewaktu masih bertugas, LT mempunyai partner kerja seorang polisi wanita muda dan cantik bernama Katelyn.
Setelah pensiun dari kepolisian, LT bersama istrinya Rose dan sahabatnya seorang ahli beladiri Jiu Jitsu bernama Buckley berencana membuka sebuah bar.

Sebenarnya LT bisa hidup tenang dengan barnya tetapi LT punya masa lalu yang sekarang sangat mengancam jiwanya. Dulu sewaktu masih menjadi polisi, LT dan anaknya yang juga seorang polisi bernama Jason pernah mempunyai masalah dengan seorang penjahat remaja keturunan Jepang bernama Ray.
Waktu itu Ray membunuh seorang remaja dengan menembaknya, Jason yang berusaha mencegahnya ikut tertembak dan meninggal dunia. Akibat pembunuhan itu, Ray dipenjara selama 10 tahun.

Sepuluh tahun kemudian, Ray bebas dari penjara dan berhasil menjadi pimpinan gangster yang paling ditakuti di kotanya. Ray dan para anak buahnya tidak hanya sering melakukan kejahatan pada masyarakat tetapi juga sering melakukan pertandingan beladiri ilegal yang ganas dan brutal. Karena punya banyak anak buah yang kuat, kepolisian kota tidak berdaya menghadapi Ray dan komplotannya.
Tidak hanya itu, Ray juga berencana balas dendam kepada Ray karena dianggap penyebab dia dipenjara selama 10 tahun. Ray sering mengganggu LT dan sahabat-sahabatnya.

Untunglah pada saat yang tidak menyenangkan itu datang anak angkat LT bernama Gabriel yang baru saja mengundurkan diri dari pekerjaannya sebagai tentara.
Ray tahu tentang kedatangan Gabriel dan Ray juga tahu bahwa sewaktu masih menjadi tentara, Gabriel sangat berprestasi sehingga memperoleh banyak tanda jasa, selain itu Gabriel juga sangat mahir beladiri. Karena itu, Ray menawari Gabriel menjadi anggota komplotannya.
Gabriel yang tahu betapa jahat dan kejamnya Ray menolak tawaran Ray itu.

Ray benar-benar tidak terima dengan penolakan Gabriel dan membalas sakit hatinya dengan menyuruh anak buahnya menghajar bekas partner LT yaitu Katelyn dan partnernya kerjanya yang bernama Sanches atau yang biasa dipanggil Hip.
Kate dan Hip dikeroyok dan dihajar habis-habisan sampai babak belur.
Tidak hanya itu, Ray dan para anak buah andalannya menyerang bar LT. Sayangnya Gabriel tidak sedang di rumah dan datang terlambat sehingga tidak bisa membela bapak angkatnya dengan sempurna. Akibatnya bar LT porak poranda, LT babak belur dan yang paling parah, sahabat LT yaitu Buckley tewas tertusuk pisau.

Gabriel dan LT akhirnya berniat membuat perhitungan dengan Ray. Gabriel, LT, Hip yang ahli Jiu Jitsu dan dibantu seorang ahli karate yang rumah makannya pernah dirusak anak buah Ray yaitu Sato mendatangi tempat kediaman Ray.
Terjadilah pertarungan seru dan brutal antara kubu LT melawan Ray dan para anak buah andalannya.
LT, Gabriel dan kawan-kawan akhirnya berhasil mengalahkan Ray dan anak buahnya. Ray yang merasa sangat malu dengan kekalahannya akhirnya melakukan hal yang biasa dilakukan oleh para samurai Jepang yaitu harakiri atau bunuh diri..

Berakhirlah riwayat gerombolan penjahat yang paling ditakuti pimpinan Ray dan LT berhasil menumpasnya justru setelah dia pensiun dari kepolisian.

Opini saya tentang film ini :
Sebenarnya sama seperti film action jenis fighting/laga lainnya, film ini mengandalkan adegan-adegan pertarungan yang seru, tetapi yang membuat saya sangat suka film ini karena pada film ini ikut bermain 2 saudara dari ahli beladiri Jiu Jitsu idola saya yaitu Royce Gracie.
Dua saudara Royce Gracie itu adalah Rorion Gracie (berperan sebagai Buckley) dan Rener Gracie (berperan sebagai Hip). Adegan perkelahiannya pun banyak menggunakan jurus-jurus kuncian dan patahan khas Jiu Jitsu.

Saya suka jurus-jurus Jiu Jitsu karena dengan tanpa menggunakan banyak tenaga bisa berakibat fatal bagi lawan. Sesuai artinya, Jiu Jitsu dalam bahasa Jepang berarti Jiu (atau Ju) yang berarti lembut/halus dan Jitsu yang berarti metode/teknik, jadi Jiu Jitsu berarti beladiri dengan menggunakan cara halus tanpa menggunakan banyak tenaga untuk melumpuhkan lawan.

Dari Jiu Jitsu (atau bisa juga disebut Ju Jutsu) berkembang menjadi beladiri lain seperti Ju Do (Judo) dan Aikido.

Sedangkan dari keluarga Gracie (keluarganya Royce Gracie) yang berasal dari Brasil mengembangkannya menjadi Brazilian Jiu Jitsu atau yang biasa juga disebut Gracie Jiu Jitsu

1 comment:

  1. Kalau aku kurang suka dengan film tentang bela diri seperti ini, Mas Yud.. Tapi jalan ceritanya bagus juga ya :)

    ReplyDelete

anim-button
Untuk film animasi saya bahas di blog tersendiri, Silahkan klik button ini :
Custom Search